Jl. Argopuro No. 20 Lawang
(0341) 426425 / 0895395195734

Kabar Berita

Kegiatan Outing Class 4 ke Kebun Teh Wonosari

Kegiatan outing class yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 4 SD Ummu Aiman dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Mei 2023. Tujuan dari kegiatan outing class ini yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara nyata tentang materi “Kegiatan Ekonomi” pada mata pelajaran IPAS dan materi “Laporan Perjalanan” pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pemilihan lokasi ini berdasarkan adanya 3 macam kegiatan ekonomi yang ada di Kebuh Teh Wonosari, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi, sehingga tempat tersebut sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat pembelajaran untuk materi tersebut.

Kegiatan outing class ini diikuti oleh 104 siswa dan 8 guru pembimbing. Kendaraan yang digunakan untuk menuju ke lokasi adalah mobil Elf sebanyak 7 buah. Kegiatan diawali dengan berdoa di dalam kelas, dan dilanjutkan dengan keberangkatan menuju lokasi outing class pada pukul 07.25 WIB.

Seluruh peserta sampai di lokasi pada pukul 07.40 WIB. Sesampainya di lokasi siswa diarahkan untuk melakukan check point dan dilanjutkan dengan foto bersama. Berikutnya, siswa diarahkan untuk menuju ke aula untuk diberikan pengarahan mengenai kegiatan outing class ini dan menonton tayangan video tentang Kebun Teh Wonosari beserta proses pengolahan daun teh yang ada di sana.

Pukul 08.45 – 10.15 WIB, seluruh peserta diajak untuk melakukan tour pabrik dan tour kebun. Pada kegiatan ini, siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Kelompok 1 yang terdiri dari kelas 4A dan 4B, dan Kelompok 2, yang terdiri dari kelas 4C dan 4D. Setiap kelompok akan mengunjungi pabrik dan kebun secara bergantian, dimana Kelompok 1 melakukan tour pabrik terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan tour kebun, sedangkan Kelompok 2 melakukan tour kebun terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan tour pabrik.

Pukul 10.15 seluruh peserta berkumpul di titik kumpul untuk melakukan istirahat sejenak dan kembali melakukan kegiatan berikutnya yaitu Fun Game. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 10.30 hingga 11.05 WIB. Fun Game diisi dengan kegiatan permainan ‘Estafet Sarung”, dimana siswa dibagi menjadi 2 kelompok putri dan 2 kelompok putra. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang. Kegiatan Fun Game diakhiri dengan pengumuman pemenang dan dilanjutkan dengan makan siang hingga pukul 11.45 WIB.

Setelah selesai makan siang, seluruh peserta diarahkan untuk membersihkan sekitar lingkungan dan melakukan persiapan kepulangan. Seluruh peserta sampai di sekolah pada pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan penjemputan siswa oleh orang tua masing-masing.

SD Ummu Aiman

Sekolah yang terletak di jalan Argopuro No. 20 Lawang Malang yang menjadi sekolah favorit karena mengintegrasikan sekolah formal dengan mengaji Metode Ummi yang langsung mendapat bimbingan dari supervisor Ummi Foundaton Surabaya dengan melaksanakan supervisi secara rutin bagi setiap ustadz/ustadzah.